Pelatihan Jurnalistik Komsos Paroki Katedral Sta. Maria

Palangka Raya,  santamaria.id, - Awal pekan lalu, Sebanyak 49 peserta mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik Komsos Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya, yang digelar di Aula GSG Tjilik Riwut,  Kompleks Gereja Katedral Santa Perawan Maria Palangka Raya,  Jumat (28/9/2023.

Pelatihan Jurnalistik yang baru pertama kali digagas Seksi Komsos (Komunikasi Sosial) Dewan Pastoral Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya ini, mendapat respon positif serta animo dari sejumlah kalangan,  diantaranya pelajar,  mahasiswa,  Katekis,  Komunitas Orang Muda Katolik serta beberapa  kelompok kategorial Paroki Katedral. 

Pastor Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya   RD. Patrisius Alutampu, dalam sambutan saat membuka acara ini berpesan kepada seluruh peserta,  "Pelatihan jurnalistik ini merupakan bagian dari tanggung jawab gereja untuk memberikan pemahaman kepada umat terutama kalangan generasi muda,  bagaimana melihat dan memanfaatkan media (sosial) secara baik dan benar”.

Gereja Katolik secara umum telah ikut mengambil peran dalam perkembangan komunikasi dan publikasi kegiatannya melalui media. Dan kegiatan di lingkungan Gereja secara umum akan dipublikasikan melalui Seksi Komsos sebagai bagian Bidang Pewartaan Dewan Pastoral Paroki. 

Ia mengungkapkan generasi muda yang merupakan aset gereja dan bangsa tersebut perlu mendapatkan pemahaman khususnya dalam menyaring setiap informasi yang diperoleh, seperti dari media sosial. Mengingat pengaruh dari penyampaian informasi yang keliru kepada masyarakat  tentunya dapat berdampak buruk. 


Maka dari itu lanjut Pastor  Paroki,  pelatihan jurnalistik dengan harapan kalangan pelajar,  mahasiswa, kelompok katekis, dan kelompok kategorial Katolik, bisa menjadi pewarta kabar baik lewat informasi-informasi positif tentang kegiatan khususnya  pembinaan iman lingkup Paroki Katedral ini," jelasnya.


Pelatihan Jurnalistik Komsos Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya ini digelar selama 1 (satu) hari, mengangkat tema “Menjadi Jurnalis Katolik Dan Pewarta Keselamatan Di Era Digital”, menghadirkan pembicara utama antara lain RD Andreas Jimmy,  S.Fil, M.Fil (Pastor Rekan Paroki Sta. Theresia, Rungan Manuhing) yang merupakan Akademisi STIPAS Palangka Raya sekaligus sebagai penggiat media sosial, dan pembicara lainnya Fidelis Harefa,  SH, MH, Sekretaris DPP Katedral Santa Perawan Maria Palangka Raya sekaligus sebagai seorang Advokat (Praktisi Hukum), dan jurnalis senior sekaligus Redaktur Berita Harian Umum Tabengan Palangka Raya, Marius Ernestus Loe, sebagai narasumber yang menjadi mentor dalam kegiatan pelatihan Jurnalistik ini. (**red)

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget