Umat Katedral Peringati Jumat Agung dengan Tablo dan Misa Penghormatan Salib


PALANGKA RAYA, SANTAMARIA ID
- Perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral St Maria Palangka Raya, Jumat (7/4), dilaksanakan dua bagian. Pertama pada pukul 07.00 WIB, dilaksanakan Tablo atau Drama Penyaliban Yesus yang bawakan oleh para pemuda-pemudi dari Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Sto Dionisius Palangka Raya, dihadiri seluruh umat Katolik. 

Kemudian pada bagian kedua yakni Misa Perhormatan Salib. Misa ini dilaksanakan dalam 3 sesi di Gedung Serba Guna (GSG) Tjilik Riwut, Gereja Katedral, dan Gereja Sto Yosef. Sesi I pukul 15.00 WIB, sesi II pukul 18.00 WIB, sesi III pukul 21.00 WIB. 




Ketua Panitia Paskah Paroki Katedral Sta Maria Palangka Raya tahun 2023, Rudolfus Tumari mengatakan, misa sengaja digelar beberapa sesi dengan tujuan untuk mengurai umat agar tidak menumpuk pada suatu waktu, sebab saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. 

Misa di Paroki Katedral dipimpin oleh tiga orang Pastor secara bergantian, yakni RD Patrisius Alu Tampu, RD Yosep Apodentus, dan RD Penta. 

Adapun pelaksanaan Tablo, kata Tumari, dimaksudkan untuk mengajak umat Katolik untuk menyaksikan peristiwa 2000 tahun silam melalui drama, sehingga umat Katolik dapat merasakan dan menghayati peristiwa penyaliban Yesus. 

Jumat Agung adalah upacara peringatan Kisah Sengsara Yesus, mulai dari penangkapan oleh para tentara Romawi di Taman Getsemani hingga disidang oleh Pilatus lalu disalibkan hingga wafat di Bukit Golgota. 

Pada hari ini, Sabtu (8/4), umat memperingati hari kebangkitan Yesus dalam Misa Sabtu Suci (Malam Paskah). mel

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget