Buku Kenangan HUT KE-50 Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya

Tahun 2013 merupakan tahun yang istimewa bagi Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya. Lima puluh tahun yang lalu tepatnya tanggal, 01 Maret 1963 secara resmi dideklarasikan berdirinya paroki ini oleh Mgr. W. Demarteau, MSF (Alm). Melalui perjuangan dan kerja keras, Paroki ini dibangun dan dikembangkan hingga saat ini merayakan ulang tahun emasnya.

Dalam rangka merayakan Ulang Tahun Emas inilah, Panitia  merencanakan sebuah Buku Kenangan. Panitia mencoba membuat sorot napak tilas ke masa yang  lalu,  sehingga aspek historis yang mengitari rencana pendirian Gereja Katolik di Palangka Raya lebih ditonjolkan. Disamping itu, dalam buku ini juga dilampirkan beberapa tulisan tentang Kedewasaan Iman sesuai dengan tema perayaan 50 tahun, dengan harapan dapat membantu pembaca untuk memahami iman dalam perspektif yang lebih luas.

Juga ada lampiran rubrik “Kata Mereka” yang merupakan rekaman atas kesan dan pesan dari para tokoh baik yang terlibat dalam proses pendirian gereja, Bapa Uskup, para Pastor, Katekis-katekis dan tokoh-tokoh umat. Agar memudahkan kita bernostalgia dengan peristiwa-peristiwa yang pernah ada dan terjadi di masa lalu hingga saat ini,  dalam buku ini  ada “Lensa Paroki” yang tentunya mengandung dimensi co-memorationis (dimensi penghadiran kenangan-kenangan masa lalu) dalam bentuk kumpulan foto-foto, sehingga membangkitkan  angan dan nostalgia bagi mereka yang pernah atau sedang dengan caranya sendiri terlibat dalam pengembangan Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya ini.

Penulisan  buku ini  tidaklah terlalu  lengkap sesuai tuntutan metodologis penulisan sejarah. Team Penyusun (Fidelis Harefa, Yakobus Dapa Toda, Benyamin Tunti, Wiwik Handayani dan Stefanus Dh. Mangu) mencoba untuk menampilkan sejauh dapat dipertanggungjawabkan, sesuai dengan hasil wawancara dan  beberapa arsip  yang masih tersimpan sampai sekarang. Diharapkan buku ini membantu untuk memahami sejarah perjalanan Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya hingga tahun ke-50 ini.

Buku ini dapat tersusun  berkat bantuan dan jasa banyak pihak. Secara khsusus Team Penyusun berterimakasih kepada Ny. Thomas Soehadi, Ny. Simon Nuga Wago, Bpk J. Soekardjo, Bpk, A.S. Santoso, Bpk, A.S. Subari,  yang telah dengan rela dan senang memberikan banyak masukan berupa informasi data-data awal dari pendirian gereja Katolik di Palangka Raya. Team Penyusun juga berterima kasih kepada P. Frieds Meko, SVD yang memberikan banyak sumbangan pemikiran, ide dan informasi sejarah sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Tidak lupa pula berterima kasih kepada Bpk. Yusuf Wahyu Purwanto yang banyak menyimpan bahan-bahan berupa data dan dokumen yang digunakan untuk menyeleseaikan Buku Kenangan sederhana ini.

Kepada semua pihak yang telah ikut menyumbangkan bantuan, baik berupa informasi, data, foto dan segala fasilitas yang diperlukan demi terbitnya buku ini, dari hati yang tulus Team Penyusun menghaturkan banyak terimakasih. Akhirnya team juga menghaturkan terimaksih kepada Panitia Perayaan 50 tahun Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya yang telah mendukung baik moril maupun materil demi terbitnya Buku Kenangan ini.

Tak ada gading yang tak retak, demikianlah bunyi pepatah kuno yang menggambarkan sebuah ketidaksempurnaan kita sebagai manusia. Oleh karena itu, kami tidak lupa memohon maaf, atas segala ketidaksempurnaan, kekurangan dan kesalahan yang sempat anda temui dalam buku ini. Akhirnya kami mengharapkan semoga buku ini dapat membantu  para pembaca untuk mengenal dan mendukung usaha pengembangan Gereja Katedral St. Maria Palangka Raya di masa-masa yang akan datang.

Buku Kenangan ini tersedia di Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya. Bagi yang berminat, silahkan hubungi Sekretariat Paroki. **Fidelis Harefa

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget