Paroki Santa Maria

GEREJA KATEDRAL KEUSKUPAN PALANGKA RAYA
Jl. Tjilik Riwut No. 5, Kelurahan Palangka; Kecamatan Jekan Raya; Kota Palangka Raya 73111;
Telp. (0536) 3221624; Fax. (0536) 3236049
PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Aksi Puasa Pembangunan 2019 Keuskupan Palangka Raya

Dalam artikel yang telah kami publikasikan di Media Kairos ini, tepat artikel berjudul "Pendalaman Aksi Puasa Pembangunan 2018" (klik untuk melihat), kami telah menjelaskan tema APP 2017-2019. Pada artikel ini, kami akan menjabarkan sedikit tentang Tema APP 2019 setelah disesuaikan dengan konteks Keuskupan Palangka Raya oleh Komisi Kateketik. Tema APP Nasional 2019 adalah "Literasi Teknologi dan Keutuhan Ciptaan". Tema ini disesuaikan dengan konteks Keuskupan Palangka Raya menjadi "Teknologi dan Pengaruhnya Bagi Keutuhan Ciptaan".

Agar tema ini dapat didalami oleh umat secara mendalam, tema ini dibagi dalam 5 (lima) sub-tema yang akan didalami dalam lima pertemuan sebagai berikut:

  • Pertemuan I: Memahami Teknologi demi Keutuhan Ciptaan
  • Pertemuan II: Manfaat Teknologi bagi Kehidupan Manusia
  • Pertemuan III: Penyalahgunaan Teknologi dalam Kehidupan Manusia
  • Pertemuan IV: Sikap Tobat dalam Menggunakan Teknologi
  • Pertemuan V: Gerakan Sadar Berteknologi demi Kebaikan Bersama.


Kemajuan Teknologi tak bisa dibendung. Demikianlah gagasan banyak orang melihat perkembangan teknologi yang makin pesat. Barangsiapa yang tidak bersahabat dengan teknologi, akan ketinggalan dalam melakoni kehidupan yang serba canggih. Karenanya, ada keharusan untuk bersahabat dengan teknologi.

Di sisi lain, teknologi memiliki dampak yang luar biasa. Dampak positifnya sangat banyak dan turut serta juga dampak negatifnya. Penggunaan teknologi yang tidak pada tempatnya akan berakibat fatal bagi kehidupan. Salah satunya adalah ancaman terhadap keutuhan ciptaan. Dulu, pada era tradisional, penebangan hutan satu hektar dapat dilakukan selama berbulan-bulan bahkan menahun. Sekarang, di era teknologi canggih, penebangan hutan ribuan hektar dapat dilakukan dalam hitungan hari saja.

Pada era tradisional dulu, berita atau pesan dari sumber berita kepada penerima berita bisa tersampaikan dalam waktu yang relatif lama, mingguan atau bulanan. Di era teknologi, berita atau pesan dapat tersampaikan dalam hitungan detik saja. Era teknologi menciptakan sebuah dunia tanpa sekat dan jarak. Dampak-dampak positif tersebut dapat membangun kehidupan manusia lebih cepat. Namun, dampak negatif dari teknologi pun sangat luar biasa. Teknologi dapat menyulut perang dalam hitungan detik. Teknologi dapat mendukung pengrusakan dalam hitungan detik. Teknologi dapat memodifikasi kejahatan di dunia nyata menjadi kejahatan di dunia maya. Sekarang, tindakan kriminal banyak berpindah tempat, dari dunia nyata ke dunia maya yang dikenal dengan kejahatan siber.

Melalui tema APP 2019, umat Katolik diajak untuk memahami teknologi, mengenal teknologi, memahami cara kerjanya dan mengerti etika dalam menggunakannya. Inilah yang menjadi tujuan dari Pendalaman APP 2019. Untuk lebih jelasnya, sub-tema yang telah dibagi seperti di atas akan didalami dan dituliskan secara terpisah. Semoga bermanfaat bagi pembaca sehingga menjadi dewasa dalam menggunakan teknologi. Kedewasaan dalam menggunakan teknologi akan sangat berpengaruh dalam menjaga KEUTUHAN CIPTAAN.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget